Kata Megawati Ada Kolaborasi "Penjualan Bangsa", Kita Harus Lawan! | wong Daile
Home » » Kata Megawati Ada Kolaborasi "Penjualan Bangsa", Kita Harus Lawan!

Kata Megawati Ada Kolaborasi "Penjualan Bangsa", Kita Harus Lawan!


FAKTAMEDIA.NET - Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan bahaya ancaman proxy war yang semakin nyata.

Proxy war adalah istilah yang merujuk pada konflik antara dua negara yang tak terlibat langsung dalam peperangan karena melibatkan proxy atau kaki tangan serta agen.

"Perang modern ini ujian berat bagi seluruh elemen bangsa," ujar Megawati saat memberikan pembekalan di hadapan ratusan calon perwira TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (21/7).

Presiden RI ke-5 ini juga mengingatkan kondisi Indonesia yang saat ini tengah menghadapi kejahatan lintas negara mulai dari peredaran narkotik, perdagangan manusia, hingga terorisme.

Megawati meyakini tujuan mereka adalah memecah bangsa dan menguasai Indonesia yang begitu kaya.

"Mereka berkolaborasi dengan para 'penjual' bangsa yang terus memperlemah kedaulatan politik, ekonomi, dan sistem sosial kita," katanya.

Untuk menghadapi ancaman tersebut, kata dia, tak bisa hanya dilawan dengan persenjataan modern dari TNI. Namun yang lebih penting, menurutnya, komitmen dan perjuangan dari bangsa Indonesia.

"Ini sesuai pesan Presiden RI pertama Soekarno yang menyebut bahwa persatuan rakyat adalah senjata yang sehebat-hebatnya," tuturnya.

Proxy war biasanya akan merujuk pada era Perang Dingin ketika Amerika Serikat dan Uni Soviet bersaing memperluas pengaruh dan ideologi mereka di berbagai negara.

Persaingan itu juga terjadi di kawasan Asia. Sejumlah pengamat menyebut Indonesia menjadi salah satu sasaran proxy war. Amerika tak ingin Indonesia dekat dengan Uni Soviet. Juga sebaliknya.
Lihat juga:Panglima TNI Teken Pakta Pertahanan Proxy War Media
Sesudah era Perang Dingin, motif perang dan keterlibatan pihak ketiga sebagai boneka atau proxy kerap berkutat pada konflik perebutan sumber daya alam.

Sumber : cnnindonesia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. wong Daile - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger