Juragan Beras ini Bingung Itung-itungan Kapolri Soal Keuntungan Beras Maknyuss | wong Daile
Home » » Juragan Beras ini Bingung Itung-itungan Kapolri Soal Keuntungan Beras Maknyuss

Juragan Beras ini Bingung Itung-itungan Kapolri Soal Keuntungan Beras Maknyuss


Juragan Beras ini Bingung Itung-itungan Kapolri Soal Keuntungan Beras Maknyuss

Berita Islam 24H - Ikut ngobrol tentang beras...

Saya jual beli beras sejak 2 tahun lalu.. tidak punya mentor.. tidak punya bos..awal awal jualan beras.. tidak tahu apa apa tentang beras.. semuanya berproses dan sampai saat ini alhamdulillah lumayan dapat pengalaman jual beli beras...

Beras ini variasinya sangat banyak.. baik jenisnya, rasanya, warnanya, dll.. beras jenis yang sama IR misalnya.. jenis yang sama ditanam ditempat yang berbeda maka hasilnya pun akan beda..otomotis harganya pun akan beda.. misal di kabupaten Banyumas.. beras IR di daerah Kemarnajen dan sekitarnya akan kalah kualitas dengan beras IR yang ditanam di Sumbang, Baturaden, Kedung Banteng, Cilongok dan Pekuncen.. istilahnya beras ditanam di ketinggian tertentu akan lebih baik daripada di datatan rendah.. yang di atas karena airnya ngalir beras jadi lebih bening, putih dan pulen.. tapi jika airnyya nggenang terus apalagi air rawa maka beras jadi hitam bures wulung..

Kadang kita juga ketemu beras yang panjang bessr utuh kadang juga ada yang patah patah..itu tergantung cara jemurnya..

Dan dengan luasan yang sama juga kadang dapat hasil yang berbeda. Sama-sama gabah 1 kwintal tapi dapat berasnya beda ada yang 40 50 atau 60 kg beras dari 100 kg gabah.. makin tinggi prosentase beras maka makin tinggi harga gabahnya...

Kenapa beras Bulog yang biasa dibagikan untuk beras sejahtera (Rastra, dulu namanya Raskin) kualitasnya jelek.. kerena aslnya sudah tidak bagus, hanya diselip sekali, dan tingkat patahnya tinggi.. belum lagi disimpan terlalu lama di gudang Bulog hingga warnnya berubah jadi putih bures dan kuning.. beras yang macam ini tidak bisa dibuat jadi beras premium..

Sedangkan beras premium apapun merk nya adalah beras pilihan..gabahnya pilihan dan diirig atau disaring sshingga beras patahnnya tidak ada...oleh karenanya jadi agak mahal..

Maka kalo PT IBU (Maknyuss) beli gabah ke petani Rp 490.000/kwintal (Rp 4.900/kg).. itu wajar.. karena 1 kwintal gabah paling jadi 60 kg beras.. misal harga beras premium pabrik 12.000/kg maka 60 kg x Rp 12rb = harga jual Rp 720.000 sehingga ada margin atau laba kotor Rp 230.000 (Rp 720.000 - Rp 490.000).. itu belum dikurangi beras yang lembut dan biaya operasional.. maka kurang tepat kalo Polri menuduh PT IBU labanya lebih dari 100%.

Laba beras itu normal 5 - 15 %.

Oleh: Hidayat
(Bakul beras Purwokerto)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. wong Daile - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger