.

Rahasia Kulit Putih Orang Korea


pramugari korea tahun 70 an (kiri) dan pramugari tahun 2010 (kanan)


Selama ini kita melihat sebagian besar orang Korea di layar kaca memiliki kulit putih mulus, bening nan menggiurkan, bahkan banyak diantara masyarakat kita yang tersugesti bahwa semua orang Korea itu putih, mulus dan tentunya cakep! 

Bahkan saking terkenalnya "putih" ala Korea, banyak sekali iklan di negara kita memakai label "Mau kulit putih mulus ala Korea"? "Putih seperti artis Korea" dll
Stigma Korea itu "putih" tentunya dibentuk oleh pandangan masyarakat kita, hasil dari "brainwashing", drama drama Korea, Girlband dan Boyband nya terbungkus dalam kemasan Hallyu Wave.
Namun benarkah sebetulnya Korea itu putih dan mulus seperti penampakan di TV-TV? Mari kita lihat "fakta" dibalik tabir "putih Korea" ...

1. Kosmetik
Korea memiliki tingkat konsumsi kosmetik whitening yang signifikan, 9 dari 10 wanita Korea melakukan perawatan kulit  menggunakan bahan kosmetik mengandung whitening, dan hampir tiap 2 minggu sekali mereka melakukan berbagai macam perawatan kulit ke dokter mereka, 
penjualan whitening yang meroket di Korea
Bagaimana dengan biayanya? tdak terlalu mahal, karena setengah dari biaya trsbt  ditanggung asuransi pemerintah (naver.com).

 Jadi jika kamu benar-benar ingin pergi ke Korea 2 hal yang harus kamu ingat selain wisata operasi plastik yaitu persiapkan diri dengan budaya perawatan kulit, orang korea sangat memperhatikan kesehatan dan "putih" kulit nya dengan berbagai maintenance produk, pagi dan malam, dimulai dari cleanser, toner, serum, day creamsunblock, masker, eye cream serum dan night cream dan tak lupa perawatan chemical dokter kulit, makanya tak heran jika kamu lihat drama drama Korea,  kita akan lihat pemeran nya mau itu memilki strata sosial rendah  sekalipun , mereka masih  sempat memakai masker, atau memulas wajah mereka dengan nightcream,  dan tentu  pemakaian "wajib"  BB cream.
pramugari korea era 70'an - sblm budaya kosmetik pemutih
Btw ttg BB Cream, pernahkah  kalian mendengar kosmetik terkenal satu asal Korea ini?  BB cream merupakan tinted mosturizer yang berfungsi sebagai whitening dan anti kusam, disini saya tidak akan membahas seberapa efektif BB Cream memutihkan wajah kamu tapi sejenak kita akan tengok kandunganchemical yang membuat kulit kamu "putih" (anti pigmentasi kulit ) pada BB CreamKorea di bawah ini. BB cream trsbt adalah brand BB Cream Korea yang umum digunakan warga Korea.. coba lihat, adakah yang mengamati berapa nilaikandungan spf pada BB creamnya?

BB Cream spf 50 ++
sekarang coba bandingkan dengan spf pada kosmetik yang populer dipakai di Indonesia?
parasol-spf 30
Yeap kandungan spf BB cream Korea lebih besar nyaris 2 kali lipat dibandingkan  kosmetik Indonesia. 
Mengapa kosmetik Korea spfnya lebih tinggi? padahal jika kita pikirkan spf itu sendiri berguna untuk memfilter sinar uvA matahari. 

Kita tau, bahwa terik matahari di Korea tidaklah seterik di negara kita yang jelas-jelas beriklim tropis, namun mengapa mereka yang memiliki iklim dingin dan "terlahir putih mulus dari lahir ini" memakai kosmetik dengan spf lebih besar? , bahkan nilai spf ini biasanya pada  dunia medis digunakan untuk penderita sindrom lupus, yaitu suatu sindrom yang membuat orang tidak boleh terpapar sinar matahari. 

Bukannya logika kita seharusnya berujung pada Indonesia itu semestinya memiliki kosmetik dengan kandungan spf lebih tinggi dibanding Korea? 

Jika memang mereka benar-benar terlahir berkulit putih ala bule dan mulus, mereka tidak akan takut kulitnya gelap, justru mereka akan meng"gelap" kan kulitnya seperti yang orang bule lakukan, karena dimanapun  kau berpijak hukum ekonomi selalu berlaku bahwa "kelangkaan" adalah hal yang paling "banyak diminati" , ketika orang kulit tanned / eksotik langka di suatu negara, maka negara tersebut akan berlomba mentannedkan kulit mereka, dan vice versa jika di suatu negara langka orang yang berkulit putih, maka orang di negara tersebut akan melakukan berbagai cara supaya kulitnya terlihat putih , seperti halnya yang terjadi di Indonesia.  

Kita dapat mengerti bahwa masyarakat kita begitu menginginkan kulit putih, pertama karena cuaca kita tropis sehingga membuat sebagian besar orang di negara ini memiliki kulit "yang eksotis" dan kedua memang karena alasan pertama , maka jarang orang yang memang benar benar memliki kulit putih. 

Dari beberapa fakta diatas dapatkah kita ambil hipotesis bahwa sebenarnya orang Korea sendiri "tergantung" pada kosmetik whitening high spf itu karena sebagian besar masyarakatnya tidak memiliki kulit putih-mulus? well kita lihat dulu pembahasan selanjutnya

before-after "bleaching"


Setelah keajaiban kosmetik/skincare yang kita bahas di bagian 1, lantas apa yang menjadikan kulit putih orang Korea begitu sehat, bening dan kenyal? yuppps tiada lain dan bukan obat dan suntik putih, mungkin bagi kalian wanita wanita metroseksual Jakarta yang sering  perawatan ke dokter atau salon familiar dengan istilah suntik putih yang biasanya paketan dari suntik vtamin C, collage, kojic acid, glutax dan tathionil.


Umumnya "obat pemutih, injeksi pemutih" ini dapat diliat dari beberapa produkpemutih Korea yg beredar di Indonesia. Pernah mendengar tathion Korea yang memiliki harga murah dan digadang-gadangkan memiliki khasiat memutihkan tubuh itu? yupper, itu adalah salah 1 obat pemutih kelas 3 asal Korea yang diimpor dari Korea sendiri, dan tentunya obat itu sudah merupakan bagian keseharian masyarakat sana, bedanya apa dong dengan Indonesia? bedanya tathionil yg diimpor ke kita memiliki kualitas kelas 3 dibanding tathionil yang beredar di Korea, kita bisa mendapatkan pemutih tathionil kelas 1 namun dgn harga yang tidak dapat dijangkau kantong ekonomi menengah bawah.

tathion korea kelas  3

tathion effect



Sebenarnya paket pemutih dan persuntik putihan ini tak terlalu asing dil telinga para sosialit kita dan entertainer negara ini, kita akan lihat kecemerlangan dari hasil injeksi dan obat obatan ini  di layar kaca tiap hari, tak heran banyak artis dan entertainer yang memiliki kulit putih mulus bercahaya, namun perbedaan mendasar antara Indonesia dan Korea adalah tingkat distribusi penggunaan "paket pemutih" ini, jika di Korea yang rata rata pemasukan warganya 2000 Us Dollar per bulan itu, "paket pemutih" merata dipakai segala lapisan dari lapis rendah sampai lapis tinggi, maka di Indonesia, hal ini terbatas dilakukan orang kaya dan entertainer saja.


Selain itu kita tau bahwa kebudayaan Korea itu physical oriented, oleh karena itu pemerintahnya sendiri memberikan subsdi untuk asuransi rakyatnya khusus perawatan kulit dan operasi plastik yg tentu nya dilakukan dokter spesials terkait , jadi tak heran segala tetek bengek perawatan kulit dan operasi ini hampir 15 % biayanya ditanggung pemerintah...! coba bayangkan jika  Indonesia menganut slogan "tak ada tempat untuk orang jelek" dan memiliki penghasilan per bulan sama dgn Korea, maka rakyat kita ini akan sebening para artis nya ...o.o.


Dari pembahasan bagian 1 tentang betapa orang Korea paranoid dengan sinar matahari hingga menggunakan spf diatas 50 dan PA +++, serta betapa umumnya skincare whitening juga paket suntik putih disana, kita dapat menyimpulkan "warna" sebenarnya dari orang Korea, orang Korea tidak seputih orang bule dan berwarna pale, namun kuning dan tanned, hal ini dibuktikan oleh penelitian genetik bahwa sebagian besar orang korea memiliki haplogroup Y O2b2 (40 %) yang mana O2b2 ini  1 root (akar) dengan orang melanesia (NTT, Timor Timur) (cr: dna.forum.org)
Korea 1 rumpun dgn Melanesia (taken from dna.forum.org)

Melanesia people
Dengan kata lain temuan ini mendeskripsikan bahwa warna kulit orang Korea sama dengan Asia Timur lainnya dengan presentase orang berkulit tanned  lebih banyak dibanding negara Asia Timur yang lain seperti China, Jepang dll , bukan "putih-pale" bule yang umumnya dilihat dari layar kaca mereka, hasil "putih-bule" kulit orang Korea itu didapatkan dari perawatan rutin dan skincare berkualitas.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar